Selasa, 06 Oktober 2015

Mujizat Tuhan Melalui Si Aden


Tulisan ini dibuat dengan maksud hanya 1, supaya Tuhan semakin dipermuliakan lewat kesaksian kami yang mengalami sendiri mujizat dan kemurahanNya yang luar biasa bagi kami sekeluarga.

Pada waktu itu diriku masih ngantor dan anak-anak mau gak mau dijaga oleh dua orang pengasuh. Karena tahu bahwa mencari PRT bukan hal yang mudah, karena yg terakhir ini aku sendiri yang cari ke kampungnya di Wonogiri, lewat kenalan mamaku di Semarang. Jadi gak boleh cerewet sama kerjaanya, yang penting pikirku anak2 keurus.

Dua org pengasuh ini masing2 bertugas mengasuh anak-anakku, Marco dan Marcio. Namun, baru 1 bulan kerja, kaki mungil si Aden yang waktu itu baru 11 bulan, sudah kena setrikaan. Saat itu saya dan suami sangat shock sampe2 uda gak bisa marah..
Melihat kaki gendutnya melepuh gede kayak gitu, bener2 bikin sedih.

Dari situ saya dan suami sudah mulai tercetus rencana utk mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan di kantor setelah Lebaran. Jujur, waktu itu masih galau dan kuatir, nanti gimana ya, bisa gak ya aku jd IRT Fulltime ? Cukup gak ya dari sisi ekonomi keluarganya ?? Dan masih banyak kegundahan lainnya.

Bulan ke-2 PRT bekerja di rumah kami, tepat di hari ulang tahun ke-1 si Aden, 5 Juni 2014, diriku akhirnya mengajukan pengunduran diri kepada atasan. Dan beberapa jam setelah ngomong hal tsb, saya dpt telepon dari PRT di rumah bahwa Aden kena air panas. Saya masih gak sadar dan setelah tutup telepon, saya kembali ke ruangan atasan dan mohon ijin utk plg karena anak kena air panas. Barulah setelah atasan teriak krn kaget saya pun histeris gak karuan. Dengan kondisi super shock spt itu saya tetep plg naik kereta spt biasa krn sy pikir kalau naek taxi bakal lbh lama.

Suami saya akhirnya berhasil dihubungi juga prihal musibah ini dan segera tlp tetangga utk ke rumah dan segera bawa Aden ke RS terdekat. Dia juga shock tapi masih bisa mikir utk telepon org lain. Bedanya, kl saya uda stress, nangis aja selama di dalam kereta.

Lsg dr kantor msg2 kita menuju ke IMC Jombang, dekat dgn stasiun Sudimara dimana sy turun kereta. Sesampainya di IMC lsg nangis histeris melihat Aden yang kulitnya melepuh sampai terkelupas.


Foto ini tindakan pertolongan pertama untuk Aden di IMC Jombang.
Makasi Pak Theo sudah bantu antarkan Aden ke RS, God bless you..

Setelah cairan lepuhan disedot, kami diminta ke bagian adm untuk mencari kamar spy bs dirawat inap di sana. Untung aja kamar penuh. Loh knp?
Karena di IMC kita masih gak tau kalau Aden itu selain kena luka bakar di permukaan kulit di sekujur dagu sampai perutnya, air panas ternyata juga masuk sampai ke saluran pernafasannya yang sangat berbahaya krn efeknya dia jadi sangat kesulitan bernafas.

Karena kamar penuh, maka Aden dirujuk ke RS Premier Bintaro, selama di sini Aden ditangani di UGD, luka bakarnya dibersihkan lagi dan dibungkus perban. Di sini juga Aden di X-ray pertama kali utk melihat kondisi saluran nafasnya. Dan krn kamar ICU untuk anak juga penuh (ruangan PICU), maka kita dirujuk lagi ke RS Eka Hospital. Saya dan Aden naik ambulans. Papanya nyusul naik mobil sama si mbak. Marco tetep di rumah sama mbak satunya.

Sampai di RS Eka Hospital, kondisinya makin memburuk dan Aden merintih terus, bernafas kesulitan dan akhirnya setelah para teman yang jenguk pulang, Aden dipindah ke ICCU. Suamiku tadinya juga hampir mau pulang, tapi karena kunci mobil tertinggal di tasku jadi dia kembali naik ke RS dan gak lama Dokter panggil kita dan bilang bahwa malam itu juga (sekitar pk 23) akan diambil tindakan segera : pasang selang ke paru2 utk bantu pernafasannya krn tenggorokan dan kerongkongan bengkak semua..

Selama proses pasang selang tsb saya dan suami menunggu sambil berdoa menjerit menangis gak henti2 kpd Tuhan minta tolong.
Tapi ternyata proses pasang selang GAGAL!! Krn kondisinya uda gak karuan di dalam saluran nafas tsb, shg terlalu bengkak dan sempit utk selang masuk. Akhirnya dipasang alat bantu pernafasan sementara spt di gambar ini. Karena Aden gelisah dan kesakitan terus maka Aden dikasih obat tidur..


Hati mama mana yang kuat melihat anaknya dalam kondisi dipasang alat2 medis spt ini??!

Setelah itu suamikupun pulang ke rumah dan sy yang stand by di RS. Sekitar Pk 04.30 Dokter info hasil evaluasi pernafasan dgn alat yg dipasang tsb hasilnya msh tidak bagus. Jadi harus segera ditindak utk pasang selang lagi. Karena urusan pernafasan sangat penting, resikonya bisa hilang nyawa!

Tapi Dokter jelasin kalau kali ini gak berhasil lagi, maka harus siap dgn plan B yaitu bikin lobang di lehernya utk jalan masuk udara dan asupan buat Aden.
Tapii... masalahnya utk eksekusi plan B, di Eka Hospital kebetulan gak ada selang yg ukuran anak kecil, dan belum pernah menangani kasus anak berusia 1 tahun spt Aden ini.

Jadi subuh itu dokter menyarankan utk dirujuk ke RSCM Salemba krn di sana ada alatnya dan banyak dokter handal yg sdh biasa menangani kasus2 luka bakar spt ini.


Akhirnya kami nurut saran dokter, pagi itu Pk. 9 setelah semua disiapkan, para perawat dan tim medis di Eka Hospital juga melingkar dan berdoa untuk Aden, saya sampai terharu banget lihatnya. Terima kasih banyak yah ibu2 dan bapak2..
 Akhirnya saya dan Aden naik ambulans lagi menuju ke RSCM. Mertuaku sudah sampai di RSCM langsung dari Surabaya, dan beliau sangat shock melihat Aden turun dr ambulans dlm kondisi tergeletak dgn banyak alat di badannya.

Saat itu saya uda gak bisa apa2 selain tetap membesarkan nama Tuhan sambil terus menantikan kebesaran Tuhan dinyatakan melalui kesembuhan Marcio..

"Saya teramat percaya... doa org banyak apabila dgn yakin didoakan akan mengguncang surga !!! Mohon doa2nya ya teman2.. krn sesungguhnya mujizat kesembuhan adl perkara kecil bagi Tuhan. Aminnnnnnnn.."
Ini yang kutulis di FB spy temen2 yang baca bisa ikut mendoakan. Jujur, sampai skrg aku kalo baca curhatanku di FB ini bikin air mata berlinangan..

Sampai di RSCM, 6 Juni 2014, Saya minta ijin utk terus ada bersama pada saat Aden ditindak. Dan diberikan ijin. Di RSCM, pasien ditindak di UGD saja, campur dengan pasien lain yang kecelakaan lah dll. Baru setelah itu dibawa ke ruang sterilnya.

Di sini saat persiapan tindakan, kembali sy dijelaskan bahwa Aden akan dilakukan : pemasangan selang utk bantu pernafasannya. Kalau semisal gagal, plan B nya adalah membuat lubang di lehernya spy tetap bisa bernafas.

Dan sesuai prosedurnya, dokter akan menjelaskan efek samping dr setiap tindakan yg diambil, lalu kemudian kita diminta ttd utk persetujuan tindakan.

Utk plan B dokter menjelaskan resikonya nanti bisa tjd pendarahan di paru-paru dan harus ada terapi2 lanjutan untuk mengatasi trauma anak karena akan sulit bicara!!

Rasanya kayak uda kiamat buat saya!! Simalakama kan??!
 Bener2 keadaan yang pelik buat saya.. tapi kita ga bs apa2 selain tetap berharap Tuhan bermurah hati dan lakukan sesuatu!!

Alat2 sudah siap, dokter2 spesialis ada banyak sekali dan sdh stand by juga dokter2 yg menangani plan B.
Mereka berdoa sblm mulai tindakan.
Saya takuttt dan cemaas bukan main, dan terus berharap spy pemasangan selang sukses jd gak perlu plan B.

Lalu ada tim medis yang ajak sy ngomong soal musibah tsb, sy jelaskan panjang lebar, sekitar 15 menit dan ternyata dapat kabar sukses pemasangan selangnya.. Puji Tuhann...

Ini yang sy tulis di FB kemudian: 

"Puji Tuhan !!! ENGKAU ALLAH YANG BESAR DAN BERKUASA TUHAN !!! Barusan Tuhan demo kebesaranNya lewat selesainya proses pemasangan selang ke paru2 Aden.. jadi gak perlu dilobangin lehernya..
Krn td dokter jelasin resikonya kl dilobangin bisa tjd pendarahan di paru2.. ini yg bahaya dan juga bs bikin anak jd ga bs ngomong selama terpsg alat. Kalo mau bs ngomong lg harus terapi macem2.
Puji Tuhan sudah dilalukann... aminn...
Skrg updatenya : sdh selesai Xray utk pastiin posisi selang tepat di paru2nya.. msh nunggu hasil foto abis itu ke ICU Luka Bakar utk menangani luka bakarnya..
Keep support us in pray yahhhh teman2... 
Trima kasih Tuhan... God blesss you all"

Di RSCM setelah X-Ray itu Aden di pindah ke ruang super steril dan kami gak bisa liat Aden sampai berhari2. Kondisinya Aden kita pantau lewat tim medis yang menangani.

Btw, kamar PICU di RSCM Unit Luka Bakar ini HANYA ada satu saja untuk 2 orang pasien. Dan puji Tuhan waktu Aden selesai dipasang selang, ternyata masih tersisa 1 kasur. Kalo semisal penuh, gak tau deh Aden harus gmn??

Karena dengan dipasangnya selang berarti utk bernafas dia bergantung dgn alat. Dan gak murah juga krn utk bernafas 1 malam ada biaya sekitar 2.5juta! Bayangkan.. setiap hari kita bisa bernafas dengan gratis, masa gak mengucap syukur sama Tuhan?!

8 juni 2014, saya ingat itu malam minggu. Teman2 banyak yg dtg kassh support dan saya sdh agak tabah dan sdh bs senyum. Tiba-tiba sekitar setengah 10 malam saya dipanggil oleh Dokter. Dan saya sangat sangat shock saat itu krn dokter blg supaya kita berdoa saja krn Aden tadi berontak shg selangnya lepas dan krn gak masuk oksigen, jd jantungnya sempat berhenti 3 menit dan saat ini sdg dibantu alat pacu jantung !!

Sy menjerit histeris dan gak henti2nya memohon sm Tuhan, sujud menyembah di dpn pintu ruang steril di mana Aden terbaring di dalamnya. Uda gak peduli sama siapapun.
Lalu dikabari bahwa jantungnya sudah kembali tp masih blm stabil. Tapi kami disuruh tenang dan terus berdoa.

Kondisi Aden kami update terus kpd teman2 dan saudara. Dan sy ingat banyak yg bersatu hati mendoakan Aden, baik itu teman gereja, teman lama, tetangga dan banyak lagi..
Puji Tuhan.

Urusan nafas sudah stabil tapi belum bisa nafas mandiri tanpa alat.
Lalu bagian kedua adalah membenahi luka bakar di kulitnya (dagu sampai perut). Karena luka tsb masih dibungkus perban sewaktu di RS Premier Bintaro, jadi para dokter bedah gak bisa memperkirakan kedalaman luka bakarnya ini.

Tapi sempat ada sounding kalau nanti ternyata agak dalem kelupasnya, bakal ada operasi. Nanti dagingnya diambil dari daging yg di bokong.
Oh Tuhan.. segera lalukan badai ini..

Ternyata setelah dibuka perbannya, gak dalem luka bakarnya, dan kata dokter ini gak parah, dan bekasnya pun bisa cepat hilang karena Aden msh kecil juga.
Puji Tuhan.. akhirnya setelah beberapa kali denger berita yang bikin deg deg an kali ini dpt kabar bahagia terus.

Tuhan ijinkan perasaan kami "dipermainkan". Untuk melihat bagaimana kami me-RESPON.
Di sini saya jadi ngerti gimana perasaan Abraham sewaktu Tuhan suruh utk mengorbankan anaknya, Ishak. Tapi akhirnya Tuhan kirim domba pengganti setelah tahu bahwa Abraham emang terbukti mengasihi Tuhan.
Kadang, Tuhan cuma mau melihat hati kita loh. Apakah di dalam hidup ini ada yg lebih penting dari Dia, bahkan anak kita??!

Sehari-hari saya dan suami nungguin aja di RSCM,  sehingga Marco dibawa Oma Opanya tinggal di Semarang. Kita gak ada pilihan.

Hari lepas hari, rasanya saya dan suami dibawa Tuhan kepada kondisi di mana kita gak bisa berbuat apa-apa lagi untuk kesembuhan Aden selain BERSERAH. Iya.. berserah aja...

Setelah melewati dan mengenangnya sih manis ya teman2.. tapi kalo inget waktu itu pada saat menjalaninya, aduhhh kalau saya gak percaya sama Tuhan, mungkin saya uda gila beneran!!!


Di sini darahnya si Aden dicek terus biar keliatan hasilnya gimana.


Dan karena pada saat itu pembiayaan tidak dengan asuransi alias cash, maka saya harus selalu standby di RSCM untuk bayar biaya cek darah yang enggak sekali dua kali ini.. 

Jujur, pada waktu itu saya dan suami uda gak peduli nanti uangnya dari mana utk bayar semua. Kalau perlu rumah jual. Yang penting anak saya kembali sehat!

Hari kedua di RSCM, Kepala Suster tanya kepada saya soal BPJS. Karena kami minim informasi soal BPJS, dan saya kira BPJS hanya untuk warga Jakarta (KTP kami TangSel soalnya), jadi bener2 nge-blank.

Lalu Kepala Suster memberi penjelasan sedikit dan menganjurkan kami utk segera proses BPJS, krn dia tahu biayanya akan sgt mahal melihat kondisi Aden yg lumayan kritis.

Akhirnya dengan agak malas saya mencoba mencari informasi pendaftaran BPJS di ruangan lain di RSCM lantai 1. Dan penjelasan yang sy terima semakin membuat kami pesimis, apa bisa bikin BPJS.
Krn menurutnya harus urus di kantor BPJS sesuai area KTP. OMG.. kami lagi stress karena anak kritis, ehh kudu repot lagi urus BPJS di Tangerang. Cek di webnya bpjs pake WIFI RSCM Kenaga juga gak bisa akses. Padahal WIFI-nya kenceng. Akhirnya niat bikin BPJS itu hilang begitu saja..

Oiya, selama Aden dirawat di RSCM, kami juga dikirim berkat utk nginap di hotel supaya kalau ada apa2 gak kalah sama jarak. Kita nginep di salah satu hotel di Menteng. Mamaku dan Ciciku juga nginep di sini. Tapi karena satu dan lain hal, Ciciku milih pindah hotel. Karena mmg hotelnya oldies banget alias jadul, hehe.. akhirnya dia pindah duluan ke Whiz Hotel. Ini hotel baru dan ada fasilitas PC dan WIFI, beda dgn hotel yang pertama. Saya perlu menjelaskan ini karena ada hubungan cerita semuanya, bukan utk promosi hotel.

Malam berikutnya saya pindah juga ke Hotel Whiz. Tapi saya gak lsg ke kamar sy, tapi ngaso bentaran di kamar cici. Baru sebentar rebahan badan, saya liat di kunci kamar hotel sy ada password WIFI. Lalu sy coba nyalakan dan sy gak ngerti knp tiba2 keinget utk buka web nya bpjs.go.id itu lagi.
Ternyata lancar jaya, jd sambil rebahan badan sy baca2 cara registrasi bpjs secara online. Sy inget itu posisinya sudah jam 11 malam. Merasa bahwa caranya kayaknya gampang saja, lalu saya turun ke lobby dan pinjam PC. Dan puji Tuhan juga krn sy selalu bawa Flash Disk berisi scan surat penting spt akte, Kk, ijazah dll, maka malam itu jg lsg sy eksekusi. Dan registrasi bpjs scr online berhasil. Wow.. coba bayangin kalo sy msh nginep di hotel yang pertama kali, mgkn sy gak bs daftar BPJS! Semua sudah diatur Tuhan. Haleluyah... 

Pagi harinya, kami dtg agak pagi ke RSCM bagian BNI46 yg melayani pembayaran BPJS, spy gak antri. Ternyata gak ada antrian sama sekali. Dan setelah bayar Rp. 59.500,- utk iuran kelas 1 BPJS Aden, maka mulai hari itu Aden sdh jd member BPJS, kartu membernya hanya perlu diprint-out aja, thanks to teknologi!
Dan otomatis semenjak hari itu semua biaya pengobatan dicover oleh BPJS termasuk biaya cek darah, saya juga sudah gak perlu bayar lagi. Kalau sy gak salah dgn BPJS ini kita terbantu sekitar 70juta!!! Hohoho... Tuhan yg berperkara sodaraaahh..

Bagaimana dgn kondisi Aden? 

Sudah lebih dari seminggu Aden dirawat di ruang PICU, akhirnya ada kabar baik. Dokter bilang nafasnya Aden sudah makin baik dan akan dicoba lepas selang spy Aden bs belajar bernafas sendiri tanpa bantuan alat. Ternyata sudah bisa, yesss...!! 
Dan kemudian kita disuruh cari kamar spy Aden bs dipindah rawat, gak di kamar PICU lagi. Inget kan itu kamar hanya bs utk 2 pasien. Jd utk pasien yg sdh gak perlu alat bantu nafas, memang akan segera dipindah spy kalau ada pasien baru yg kritis bs langsung ditempatkan di sana.

Karena kamar rawat inap anak di RSCM penuh semua bahkan ada waiting list berapa puluh pasien, maka kita lagi2 dibuat pusing 7 keliling.. aduhh gimanaaa inii...??!
Puji Tuhan, kata dokter gpp.. Aden bs dirawat di kamar HCU. Sebenarnya ruang HCU ini spt ruangan rawat inap biasa, 1 ruang ada 2-3 pasien. Tapi di sini lebih prioritas utk pasien yg belum bener2 sembuh tapi sdh lewat masa kritis. Di sini ada banyak tim medis juga yg standby selalu. 
Selama dirawat di sini diriku sdh bs ikut temenin bobok di sebelah Aden. Sesekali papanya masuk, aku yg gantian di luar. Karena 1 pasien hanya boleh dijaga 1 org, spy gak ganggu pasien lain.

Nah ini si Aden uda bisa becanda.. hihi.. foto ini aku ambil dari luar ruangan HCU. Maen cilukba.. pas aku ngumpet.. langsung nangiss dia.. Aden kangen juga ya sama mama papa.. cepet sembuh yah nak..


Aden lagi bobok. Masih di RSCM, di ruangan HCU di mana saya sdh bs menemani.


Hari ini lebih seger lagi karena Aden mau makan biskuit!! Itu Big Royal abis beberapa keping loh.. seneng bgt mama...^^


Dan akhirnya Aden diijinkan pulang ke rumah utk kemudian dirawat jalan saja karena dokter blg kondisinya sdh baik, takutnya virus penyakit di RS malah bikin lama utk kesembuhan. Puji Tuhan.

"Terima kasih yah temen2 yang selalu mendoakan kesembuhan Marcio. Tuhan yang balaskan dgn berkat melimpah.

Marcio masih perlu rawat jalan utk luka bakar dan paru2nya. Saat plg ke rumah juga masih ada demam yg disebabkan krn byk hal : luka bakar itu sendiri, paru2 yg radang, reak yg mengumpul di dlm, kurang minum, dll. Tapi dokter blg lebih baik dirawat di rumah aja krn di RS byk kuman orang sakit. Utk luka bakar sudah membaik. Sedangkan paru2, demam, bisa dirawat jalan ke dokter anak.

Kami terus berdoa dan berharap kpd Tuhan spy Dia menyempurnakan kesehatan Marcio. Shg gak ada lagi demam naik turun, gak ada lagi radang paru2, kulit yang baru segera muncul spy Aden gak garuk2 terus krn gatel, pokoknya semua disembuhkan secara total spt semula. Karena Dia Jehova Rapha, Allah Penyembuh, Dialah Tabib Ajaib !! Aminnn !!"

Akhirnya kita pulang ke rumah selama 13 hari Aden di rawat di RS. Saat gendong Aden itu rasanya kayak baru plg dari Rumah Bersalin, kayaknya Aden baru dilahirkan. Ajaib semua karya Tuhan. Mujizat kesembuhan dan semua biaya pengobatan Tuhan sediakan.


Ini si Aden lagi bobok di rumah.. 

Aden msh agak trauma. Jadi maunya nempel mama aja. Kebayang kan diriku ga bs ngapa2in kl Aden gak bobok, krn harus selalu memeluknya. Dia agak takut dgn org asing.

Setelah di rumah, Aden masih harus sering kontrol kesehatannya ke dokter anak dan menjalani 6 x terapi utk bantu buang reak yang masih tersisa di saluran nafas.


Puji Tuhan gak pake lama Aden sembuh total dan banyak org yg terheran2 sama mujizat kesembuhan Aden ini. Yahh.. kita belajar banyak hal melalui pengalaman yg sangat berharga ini.
Salah satunya juga belajar melepaskan pengampunan kpd si mbak.
Banyak teman yg mendorong utk membawa ke meja hijau, tapi gak perlu lah. Faktor kesengajaan maupun ketidak-sengajaan hanya si mbak dan Tuhan yang tahu. Dan bukan bagian kita utk menghakiminya. Kami tetap melepaskan berkat spy si mbak bisa lebih baik lagi di kehidupannya.

Kami berbahagia ternyata si Aden kecil memang kesayangannya Tuhan.
Anak ini emang kuat. Saya inget waktu hamil Aden itu gak berasa hamil, gak ada mual muntah kayak pas hamil Marco..
Siang2 di kantor masih ngerujak, makan nanas (dan sempat minum tolak angin juga), eh ga taunya ada flek dan setelah cek ke dokter kandungan, diriku hamil 8minggu!! Hahaha..

Dan menjelang kelahirannya, kami siapkan nama: 
Marcio Benaya Atmaja

ARTI NAMA
"Benaya" dalam bahasa Ibrani בניהו berarti : Yahweh membangun (Built by God). Benaya, seorang imam keturunan suku Lewi yang termasuk rombongan penyanyi dan pemain musik di Bait Suci dari tingkat kedua pada zaman raja Daud.

Benaya termasuk yang diangkat Daud sebagai pelayan di hadapan tabut TUHAN untuk memasyhurkan TUHAN, Allah Israel dan menyanyikan syukur dan puji-pujian bagi-Nya (1 Taw.16:4-5). 

Pada usianya yang kesatu, 5 Juni 2014, seperti apa yang sudah sy tulis di atas, Marcio sempat 'mati suri' (jantung berhenti 3 menit) tapi oleh karena kasih dan kemurahan Tuhan saja dia dibangunkan kembali.

Dan nazar kami kalau Tuhan ijinkan dia hidup kembali maka hidupnya akan didedikasikan penuh bagi pekerjaan Tuhan untuk kemuliaan namaNya.

Dengan kehadiran si kecil ini, lengkap sudah kebahagiaan keluarga kami. Kami menyaksikan bagaimana Tuhan sendiri yang membangun keluarga ini, Dia membuat banyak perkara besar dan apa lagi yang bisa kami bilang selain "Haleluyahh.. Praise the Lord!" Amin..

Setiap hari kami menikmati kemurahanMu ya Tuhan. Terima kasihh....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar