Senin, 24 Agustus 2015

DIY Cat Warna (cooked)

Uda semingguan gak bikin messy toy jadi kangen..
Dan kali ini kita bikin DIY Cat Warna yang dimasak. Kenapa dimasak, biar awet, jadi bisa dipake lagi.. Hehe..


Resepnya tetep simple spt biasa..
Terigu 1/2cup
Air 1cup
Garam 
Pewarna

Caranya: 
Terigu dan air dicampur dalam panci dan dimasak sampai mengental dan angkat. Lalu kasih garam utk pengawet dan tuang ke wadah dan berikan pewarna.

Dan karena diriku kemarin ada beli wadah utk cat melukis dan kuas jadi kali ini kita melukisnya pake kuas yah.. siapin kertas gambar juga jangan ketinggalan..


Oiya, adonan cat yang masih sisa bisa disimpan di wadah tertutup dan masukkan di kulkas. Nanti kalo mau main lagi tinggal dikasih pewarna lagi.
Kalo kekentalan bisa tambah air sedikit demi sedikit sampai kekentalan yang diinginkan..


Dan inilah potret keseruan anak2ku melukis tadi pagi..








Aden lagi asik melukis bisa2nya say cheeeesss sama papahnya yang take a pic. Hihi..


Ini foto dibuang sayang.. hihi
Lucuk aja liat muka Aden kayak gini wkwkw..


Btw, karena uda dibiasakan untuk memegang alat tulis/gambar dgn benar maka anak2 otomatically tangannya semakin terarah.

Ini tangannya si Aden..
Koordinasi tangan kanan pegang alat dan tangan kiri menahan kertas uda baik sekali. Kita gak bilangin tapi dia uda sadar bahwa kertas itu perlu ditahan spy gak geser2, caranya ya pake tangan sebelah yang nganggur..
Bentuk jarinya tangannya menggenggam alat juga uda oke utk seusianya. Kita yang liat juga nyaman kan.


Kalo ini si Ako..
Tangannya asik juga..


Makanya diriku makin yakin bahwa hal2 kecil yang kita biasakan akan membuat anak2 jado terbiasa melakukannya. Awalnya memang butuh waktu utk adaptasi dan prosesnya tapi sekali lagi.. itulah pembelajaran.

Berikut ini ada pembahasan dari IG @rumah.dandelion yang aku follow seputar teknik pegang alat tulis pada anak2. Ulasannya bagus jadi aku simpen di sini buat ingat2an. Pls cek yah..



Gak usah takut kemakan catnya karena (amit2) kalo sampe kemakan juga kan bahannya aman (terigu, pewarna makanan dan dimasak pula).. Inilah alasanku kenapa suka bikin sendiri krn aman.
Yang berikutnya, gak usa kuatir juga karena cat ini gampang ilangnya kalo disiram. Asik kan.. silakan dicoba ya temans..



•©25082015• 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar